Instalasi Jaringan Menggunakan Teknik Mapping Client Server


Selamat Sore semuanya, mudah mudahan banjir di jakarta cepat surut, amin..
Melepas setres dan bingung mau buat artikel apa, iseng iseng buat nyari kesibukan saya menulis artikel mengenai tutorial membuat jaringan lengkap.

Seperti yang kita ketahui, untuk menghubungkan sebuah komputer ke komputer yang lainnya, maka harus ada jaringan yang di pakai seperti warnet atau yang lainnya, prinsipnya pada umumnya sama yaitu membuat server,client dan bagaimana mappingnya.

Sebelumnya untuk membuat sebuah jaringan, dibutuhkan sebuah Switch, kabel UTP, Krimping dan RJ45, Tester bila diperlukan. Untuk Tutorialnya sobat bisa lihat http://thefreaks250.blogspot.com/2013/01/Instalasi-Jaringan-Menggunakan-Teknik-Mapping-Client-Server.html.

Langsung saja langkah langkahnya, yang pertama kita mulai dari server dulu ya sobat.

INSTAL SERVER :
  1. Instal SO nya, untuk System Operasinya sobat bebas memilih, mau XP, Vista, Win7 mungkin untuk instalasinya tidak perlu saya jelaskan lagi ya sob :D
  2. Nah sobat jangan lupa untuk memberi nama server dan membuat workgroupnya, caranya klik kanan MyComputer -> pilih properties -> pilih tab Computer Name. Pada Computer Name klik Change, beri nama komputer misalnya Server, kemudian buat WorkGroupnya misalnya Warnet, ingat workgroup ini harus sama dengan komputer Client yang lainnya. Restart Komputer
  3. Berilah IP Address pada Server misalnya 192.168.1.2 Subnet 255.255.255.0 Default Gatewaynya misal 192.168.1.1
  4. Setelah selesai membuat Workgroup, sobat kini tinggal men-share Drive Server caranya yaitu Klik kanan Drive D misalnya, kemudian pilih Sharing and Security, pada tab share klik dialog if you understand the security risks but want to share files without running the wizard, click here Kemudian akan muncul kotak dialog Enable File Sharing . Klik Just Enable Sharing, lalu OK. Kemudian klik share this folder on the network lalu OK.Maka folder anda akan memperlihatkan sebuah icon berbentuk tangan, drive tersebut sudah ready share.
  5. Pengaturan Server telah selesai dan server siap digunakan.
INSTAL CLIENT :
  1. Untuk instalasi Client langkah 1 & 2 sama seperti instal Server, jangan lupa komputer Client harus berada satu WorkGroup dengan komputer Server.
  2. Untuk pengalamatan IP jangan lupa untuk memberi IP yang berbeda pada setiap Client, misalnya 192.168.1.3 Kemudian coba ping ke IP Server 192.168.1.2
  3. Untuk Mappingnya, sobat buka Explore kemudian Klik Tools -> Map Network Drive. Akan muncul kotak Map Network Drive, pada Drive sobat bisa pilih dari A - Z Kemudian pada Folder ketik 192.168.1.2\Drive D atau untuk lebih mudah sobat tinggal klik Browse, cari komputer Server di Workgroup sobat kemudian pilih Drive yang di share tadi, kemudian klik Ok. Selesai, maka di menu Explore akan muncul folder server yang di share tadi.
  4. Kemudian sobat coba ping lagi ke Server.
  5. Selesai untuk Client
Mudah bukan untuk membuat sebuah jaringan seperti warnet atau yang lainnya??semoga dapat membantu, bila ada yang tidak mengerti tanyakan saja :D



Related Articel:

2 comments:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai map server, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1543/1/Artikel_11105600.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    Balas

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah,terima kasih sudah mau berbagi...
    Tp kok tentang geografis ya :D

    ReplyDelete