Cara Efektif Mengatasi Macet


Macet adalah permasalahan klasik yang ada di jakarta, berbagai macam cara dilakukan pemimpin jakarta dalam menanggulangi macet, tapi masih saja jakarta itu semrawut dengan volume kendaraan yang terus bertambah tiap tahunnya. Tak pelak lagi dengan gubernur yang baru sekarang mempunyai tugas yang sama yaitu menanggulangi macet.

Dengan rencana bapak gubernur yang baru, yaitu menjalankan kembali proyek mono rail yang sempat tertunda juga membangun MRT dan 6 ruas jalan tol serta Deep Tunnel, tentu akan memakan biaya yang tidak sedikit dan ada juga diantaranya yang mengundang pro dan kontra, ada yang mendukung tapi ada pula yang menentangnya.

Tiap tahun kepadatan penduduk semakin meningkat, begitu juga halnya dengan volume kendaraan yang tiap tahun semakin banyak dan membuat kendaraan berjalan begitu perlahan. Saya selalu memperhatikan, penyebab utama kemacetan adalah volume mobil yang begitu banyak yang berjalan sangat pelan, sehingga jalanpun otomatis lambat dan tidak hanya itu, banyak dari pengguna kendaraan roda 4 tersebut dalam satu mobil ada satu orang, bagaimana tidak macet kalau demikian. Thefreaks250 mencoba memberikan sedikit masukan buat bapak gubernur yang sekarang menjabat.

Solusi dari itu semua saya rangkum sebagai berikut :
  1. Di kawasan jakarta hanya beberapa lokasi yang menggunakan peraturan untuk mobil berpenumpang tiga atau lebih, itupun jarang ada petugas dan banyak joki dipinggir jalan yang antri, lebih baik perbanyak kawasan mobil berpenumpang tiga agar orang yang satu mobil satu orang bisa berpikir tiga kali untuk memakai mobilnya tersebut.
  2. Saya mendukung untuk pembangunan deep tunnel dan subway karena jalan diatas tanah sudah penuh maka kita beralih ke jalan bawah tanah seperti yang sudah diterapkan oleh negara negara yang sudah maju.
  3. Kalau bisa untuk Himbau kepada semua perusahaan di jakarta, khususnya pada daerah rawan macet untuk membedakan jam kerja, biasanya macet parah terjadi pada jam berangkat dan pulang kerja, misalnya Perusahaan A masuk jam 7 dan pulang jam 4, perusahaan B masuk jam 8 dan pulang jam 5. Setidaknya dengan cara itu bisa mengurangi volume kendaraan yang ada di jalan raya.
  4. Tidak bisakah untuk Stop penjualan mobil?Jakarta ini macet karena mobil bung!lihat saja gambar diatas,yang menyebabkan macet tu apa? Saya kadang suka merasa aneh dan heran, masiih ada saja orang yang liat liat mobil di mall, jakarta sudah macet begini masih saja mau beli mobil, apa kata dunia??
  5. Kalau jalan macet, kenapa tidak lewat udara saja?ya, coba saja alternatif ini di udara masih kosong ini kok, rekrut beberapa orang pintar dan adakan riset untuk membuat mobil terbang kek atau sekarang kan sudah ditemukan jetpack dan orang luar sudah beberapa kali mendemokannya. Adakan kerjasama dengan pihak tersebut dan bila sukses segera produksi massal. Siapa yang tidak tertarik untuk melihat pemandangan jakarta dari atas dan bebas macet
Semoga Jakarta bisa lebih maju dalam pembangunan infrastrukturnya dan semoga tulisan saya bisa dibaca oleh beliau dan menjadi inspirasi dan motivasi buat pak gubernur Jakarta yang sekarang, Pak Joko Widodo.





Related Articel:

No comments:

Post a Comment